Sabtu, 30 April 2011

REDUPLIKASI

REDUPLIKASI
(Tyas Sri Utami)
Reduplikasi merupakan salah satu wujud proses morfologis. Reduplikasi sebagai proses morfemis yang mengulang bentuk dasar, baik secara keseluruhun, sebagian (parsial), maupun dengan perubahan fonem (Chaer,1994: 182). Oleh karena itu, lazim dibedakan akan adanya reduplikasi penuh, seperti meja-meja (dari dasar meja), reduplikasi sebagian seperti lelaki (dari kata dasar laki), dan reduplikasi dengan perubahan bunyi, seperti bolak-balik (dari kata dasar balik).
Selanjutnya (Chaer 1995 : 286) mengatakan bahwa reduplikasi merupakan alat morfologi yang produktif di dalam pembentukan kata. Dari pendapat tersebut maka dapat ditarik sebuah pengertian bahwa reduplikasi merupakan suatu proses dimana pengulangannya terjadi pada bentuk dasar dan berperan aktif di dalam pembentukan kata.
Ramlan (2001:63) mengatakan bahwa reduplikasi adalah pengulangan satuan gramatik, baik seluruhnya maupun sebagiannya,baik dengan variasi fonem maupun tidak. Jadi dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa reduplikasi atau pengulangan kata adalah suatu pengulangan atau proses secara morfemis yang mengulang satuan gramatik baik secara utuh, sebagian, perubahan bunyi, maupun penambahan afiks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar