Minggu, 03 April 2011

Langkah Membaca Cepat

Teknik membaca cepat sangat kita butuhkan ketika kita memepelajarai bahan yang ckup banyak, ga mungkin kita akan membaca semuanya. tentu kita membutuhkan upaya bagaimana bacaan itu dapat kita pahami dalam waktu sesingkat-singkatnyadengan tingkat pemahaman yang baik pula tentunya. Di sini kita perlu menerapkan teknik membaca cepat. Dalam berbagai teori membaca pun kita telah mengenal adanya berbagai macam langkah-langkah dan bentuk latihan membaca cepat antara lain sebagai berikut:
Langkah-langkah membaca cepat:
1. Langkah pertama dalam membaca cepat adalah persiapan
Tahap persiapan ini dimulai dengan membaca judul. Judul ini kita coba menafsirkannya sesuai dengan asosiasi dan imajinasi serta pengalaman yang telah kita alami. Kita bisa menafsirkan isi bacaan dari judul yang dibaca. Hubungkan pengalaman/wawasan yang kita miliki sengan judul bahan bacaan yang akan di baca.Kemudian perhatikan gambar dan keterangan gambar dari materi yang akan dibaca. Biasanya gambar atau ilustrasi dalam buku mengilustrasikan isi bacaan. Oleh karena itu symbol visual ini dapat membantu kita memahami isi bacaan.Selanjutnya kita perlu memperhatikan huruf cetak tebal/huruf miring. Huruf yang dicetak berbeda ini melambangkan kata/kalimat penting dalam isi bacaan. Langkah selanjutnya adalah membaca alinea awal dan akhir. Alinea awal mengantarkan pembaca pada isi bacaan, sedangkan alinea akhir biasanya berupa pokok pikiran dari isi bacaan. Melalui aliena awal dan akhir ini dapat membantu kita menafsirkan keseluruhan isi bacaan. Kemudian kita perlu baca juga rangkuman bacaan.
2. Langkah kedua dalam membaca cepat adalah pelaksanaan
Jika kita telah melaksanakan tahap persiapan tadi, kita sudah bisa membayangkan gambaran umum isi bacaan dalam buku yang akan kita baca. Selanjutnya kita dapat memulai membaca cepat dengan menggunakan dua teknik tadi yaitu scaning dan skimming. Di sini kita bisa mencari kata-kata kunci yang ada dalam kalimat, selanjutnya dihubungkan melalui asosiasi dan imajinasi kita sehinga bisa dengan cepat mengambil inti sari isi bacaan tampa harus membaca seluruh isi buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar