Sabtu, 30 April 2011

DEMOKRASI

DEMOKRASI
(Tyas Sri Utami)

Demokrasi mempunyai arti penting bagi masyarakat yang menggunakannya sebab dengan demokrasi hak masyarakat untuk menentukan sendiri jalannya organisasi negara dapat dijamin. Demokrasi sebagai dasar hidup bernegara memberi pengertian bahwa pada tingkat terakhir rakyat memberikan ketentuan dalam masalah-masalah pokok yang mengenai kehidupannya, termasuk dalam menilai kebijaksanaan negara, oleh karena kebijaksanaan tersebut menentukan kehidupan rakyat. Demokrasi merupakan proses pendemokrasian segenap rakyat ntuk turut serta dalam pemerintahan melalui wakil-wakilnya. Atau turut serta dalam berbagai bidang kegiatan (masyarakat/negara) baik langsung maupun tidak langsung, dengan mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi warga negara. Sebagai sebuah kondisi ideal, demokrasi tentu dicita-citakan oleh banyak kalangan.
Demokrasi tidak akan efektif dan lestari tanpa jiwa, budaya atau ideologi yang mewarnai pengorganisasian berbagai elemen polotik seperti partai politik, lembaga pemerintahan, maupun organisasi pemerintahan. Kelestarian demokrasi memerlukan partisipasi rakyat yang bersepakat mengenai makna dan paham bekerja dan kegunaan demokrasi bagi kehidupan mereka. Demokrasi yang kuat bersumber pada kehendak rakyat dan bertujuan untuk mencapai kesejahteraan bersama. Dalam perkembangan dewasa ini, istilah demokrasi sudah lebih luas mencakup demokrasi ekonomi, kebudayaan dan bahkan demokrasi menjadi sikap hidup, sehingga akan mencakup segala bidang kehidupan.
Tetapi ternyata demokrasi tidak selamanya berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan sehingga pasa saat ini sering kita jumpai terjadi banyak penyelewengan yang berkaitan erat dengan sistem demokrasi yang berlaku.
Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani demos artinya rakyat dan kratein artinya pemerintahan. Secara sederhana, demokrasi berarti pemerintahan oleh rakyat, dalam hal ini kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. pengertian tersebut kemudian berkembang , seiring perkembangan politik dan ilmu politik, sehingga banyak muncul pengertian demokrasi. Abraham Licoln menyatakan bahwa demokrasi adalah pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. dalam pengertian yang lebih kompleks, demokrasi sistem pemerintahan yang mengabdi kepada kepentingan rakyat dengan tanpa memandang partisipasi mereka dalam kehidupan politik, sementara pengisian jabatan-jabatan public dolakukan dengan dukungan suara rakyat dan mereka memiliki hak untuk memilih dan dipilih. Demokrasi juga dapat diartikan sebagai sistem pemerintahan yang mengakui hak segenap anggota masyarakat untuk mempengaruhi keputusan politik baik secara langsung maupun tidak langsung.
                                                  

 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar