Minggu, 10 April 2011

Yo yo yo Olah Vokal yo....

Olah Vokal
Oleh Tyas Sri Utami

Hay teman or sobat yang punya hoby nyanyi atau bermain drama tentu sering menemui kendala dalam teknik bernapas atau seenggaknya masih sulit menentukan kapan ya kita harus bernapas tanpa harus mengganggu proses bernyanyi atau dialog. Hmmm, terlebih dahulu perlu kita kenal pernapasan apa sih yang biasa digunakan untuk nyanyi atau bermain drama.Pernapasan terdiri dari dua yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.
Pertama, pernapasan dada sangat mudah karena sering kita lakukan sehari-hari. Pernapasan dada adalah bernapas seperti halnya normal kita bernafas. Kedua, pernapasan perut dalam bernyanyi diperlukan agar bisa lebih tahan lama dan lebih maksimal mengeluarkan suara, power kita akan keluar. Pernapasan perut memungkinkan kita untuk bernyanyi dengan menggunakan ‘teknik’ bernyanyi. Latihan untuk membiasakan pernapasan perut ketika kita bernyanyi terdiri dari 4 langkah sebagai berikut :
  1. Ambil udara dari mulut sekuat-kuatnya, masukkan ke dalam perut kita.
  2. Setelah bisa merasakan bahwa udara telah memenuhi perut kita (seperti ada balon dalam perut kita yang terus kita pompa)
  3. Lalu keluarkan udara dengan suara yang mendesis atau mirip suara angin yang keluar dari ban mobil bocor. Suara tersebut harus datar tidak boleh bergelombang. Rahang kita dalam keadaan santai, lidah dan gigi kita digunakan seakan-akan menghalangi aliran udara. Sehingga kita harus berusaha keras untuk mengeluarkan udara dari perut. Proses pengeluaran suara dari mulut tersebut biasanya bervariasi yaitu antara 20-60 detik.
  4. Setelah selesai mengosongkan perut, teruskan latihan tersebut selama lima kali. Proses latihan pernapasan ini akan berpengaruh pada otot abdominal kita yang biasa digunakan untuk bernyanyi.
Latihan di atas disebut dengan Hissing Cycle. Jika tiap hari kita berlatih teknik ini dengan durasi waktu cukup 5 menit saja maka 2 minggu kemudian akan sangat terasa sekali pengaruhnya terhadap kualitas vokal kita.
Hooo, ternyata teknik pernapasan emang harus dikuasai ya. Okey , selamat mencoba n moga bermanfaat bagi temen2 semua, terlebih yg hoby nyanyi atau bermain drama... ^_^


Diambil dari Latihan Olah Vokal oleh PURWA CARAKA Music Studio Kelapa Gading

Tidak ada komentar:

Posting Komentar