ABSTRAK
Tyas Sri Utami. K1207036. PENGGUNAAN METODE METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 1 SLOGOHIMO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis argumentasi pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Slogohimo dengan metode peta pikiran (mind mapping).
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi penelitian deskriptif kualitatif. Variabel yang menjadi sasaran peningkatan kualitas proses dan hasil dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis argumentasi, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peta pikiran (mind mapping). Objek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Slogohimo yang berjumlah 33 siswa. Rekan kolaborator dalam penelitian ini adalah Bapak Sumanto, M.Pd selaku guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Slogohimo. Sumber data yang digunakan, yaitu: (1) tempat dan peristiwa, yakni seluruh kegiatan pembelajaran menulis argumentasi yang berlangsung di dalam kelas dengan menggunakan metode mind mapping; (2) informan, yaitu siswa kelas X.1 dan guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia SMA Negeri 1 Slogohimo; dan (3) dokumen, yaitu berupa materi menulis argumentasi, hasil tes menulis siswa, hasil wawancara, rencana pembelajaran yang dibuat oleh peneliti dan guru, kurikulum yang diterapkan oleh sekolah dan daftar nilai siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: (1) observasi, (2) teknik tes, (3) angket, (4) wawancara, dan (5) analisis dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Dalam penelitian ini, proses pembelajaran berhasil bila terdapat setidaknya 75% siswa fokus dan aktif dalam pembelajaran, sedangkan dari segi hasil setidaknya terdapat 75% siswa yang berhasil menulis argumentasi. Siswa dikatakan berhasil menulis argumentasi jika memperoleh nilai minimal 70,0 sesuai dengan ketentuan kurikulum yang telah ditentukan sekolah.
Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: (1) observasi, (2) teknik tes, (3) angket, (4) wawancara, dan (5) analisis dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Dalam penelitian ini, proses pembelajaran berhasil bila terdapat setidaknya 75% siswa fokus dan aktif dalam pembelajaran, sedangkan dari segi hasil setidaknya terdapat 75% siswa yang berhasil menulis argumentasi. Siswa dikatakan berhasil menulis argumentasi jika memperoleh nilai minimal 70,0 sesuai dengan ketentuan kurikulum yang telah ditentukan sekolah.
Hasil penelitian ini adalah: (1) meningkatnya kualitas proses pembelajaran menulis argumentasi dengan menggunakan metode mind mapping, (2) meningkatnya kualitas hasil pembelajaran menulis argumentasi dengan menggunakan metode mind mapping. Peningkatan kualitas proses dan hasil dapat dibuktikan dengan peningkatan motivasi dan keaktifan siswa mengikuti pelajaran menulis argumentasi. Peningkatan kualitas hasil dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kemampuan menulis argumentasi siswa pada kondisi awal sebelum tindakan adalah 67,5 dengan perbandingan dari 33 siswa hanya 13 yang lulus dengan nilai di atas 70.00. Pada siklus 1 mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata kemampuan menulis argumentasi siswa menjadi 67,9, dengan rincian 17 siswa mendapat nilai di atas 70.00 dan 16 siswa tidak lulus (51,51% siswa yang lulus). Pada akhir pelaksanaan siklus 2 nilai rata-rata kemampuan menulis argumentasi siswa adalah 79,5 dan semua siswa lulus dalam tes kemampuan menulis argumentasi (100% siswa lulus). Dengan demikian, metode peta pikiran (mind mapping) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Slogohimo pada tahun pelajaran 2010/2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar